Postingan

MEMAHAMI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN

Gambar
Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membawa perubahan besar dalam tatanan kehidupan. Bahkan sesuatu yang tadinya tak mungkin, akhirnya menjadi mungkin. Seperti halnya dalam dunia pendidikan. Mayoritas sekolah maupun kuliah diadakan secara tatap muka di kelas. Tapi karena pandemi mengharuskan semua kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan secara daring. Kini, pembelajaran daring atau e-learning sudah menjadi hal yang wajar. Ini karena penggunaan internet sudah biasa bagi semua orang.  Adanya e-learning membantu siapa saja untuk dapat belajar tanpa mengenal waktu dan tempat. Namun bagi beberapa pelajar masih tetap membutuhkan pertemuan tatap muka di kelas untuk membahas dan melengkapi proses belajar yang sudah dilalui melalui internet. Hal tersebut yang disebut dengan Blended Learning. Melansir laman Binus University, Senin (4/1/2021), ini penjelasan mengenai apa itu blended learning.  Blended learning adalah metode belajar dimana proses belajar tatap kelas berpadu dengan pr...

MEMAHAMI KONSEP DASAR, MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN

Gambar
Menjadi seorang guru di sekolah dasar memiliki tugas memberikan pelajaran lebih dari satu mata pelajaran. Penulis sendiri di kelas, sehari-harinya menyampaikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN). Sementara untuk satu mata pelajaran, terdapat banyak pembahasan yang harus dipelajari. Di sisi lain, tak jarang sebagai seorang guru, penulis menemukan rasa jenuh yang dialami para siswa. Terlebih jika dalam penyampaian, seorang guru melakukannya secara monoton dan membosankan. Tanpa dialog dan diskusi interaktif antara guru dengan siswa. Metode pembelajaran yang membosankan dengan teknologi yang ketinggalan jaman sudah tidak menjadi daya tarik lagi bagi siswa. Berangkat dari hal tersebut, maka seorang guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif menemukan cara agar proses belajar mengajar menjadi lebih hidup dan tak membosankan. Sekaligus memotivasi para siswa agar lebih aktif belajar....

MEMAHAMI KONSEP DASAR BELAJAR DAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Gambar
Kata belajar menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih, berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Berdasarkan dari situs Wikipedia, Belajar diartikan sebuah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Sedangkan menurut UNESCO hasil belajar dapat dituangkan dalam empat pilar pembelajaran, yaitu: 1. Belajar Mengetahui ( Learning to Know ) Belajar mengetahui berkenaan dengan perolehan, penguasaan, dan pemanfaatan informasi. Pengetahuan terus berkembang, oleh karena itu belajar mengetahui harus terus dilakukan, bahkan terus ditingkatkan menjadi knowing much (berusaha tahu banyak). 2.   Belajar Berbuat/Berkarya ( Learning to do ) Belajar berkarya adala...