MENGGUNAKAN BLOG, PODCAST, DAN VODCAST UNTUK PEMBELAJARAN

Penggunaan Blog Untuk Pembelajaran

Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog. Blog juga didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain. Jadi, blog merupakan salah satu jenis website yang kontennya berisi pemikiran satu atau beberapa penulis dan memiliki urutan posting secara kronologis.

Blog menurut pemanfaatannya dibagi beberapa jenis, diantaranya :

  1. Blog pendidikan, blog yang ditulis oleh pelajar atau guru. 
  2. Blog sastra, lebih dikenal sebagai litblog (literary blog), blog yang berisi masalah tentang dunia sastra.
  3. Blog pribadi, blog yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  4. Blog bertopik, yaitu blog yang membahas sesuatu masalah / topik tertentu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  5. Blog kesehatan, blog yang berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan.
  6. Blog politik berisi tentang berita politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye).
  7. Blog perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan.
  8. Blog riset, berisi persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  9. Blog hukum, berisi persoalan tentang hukum atau urusan hukum.
  10. Blog media, blog yang berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
  11. Blog agama,blog yang membahas masalah yang berkaitan dengan agama.
  12. Blog bisnis, digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.

Seiring berjalannya waktu sehingga teknologi berkembang pesat dan menjadi semakin canggih. Semakin canggih teknologi maka semakin pesat perkembangan blog di Indonesia yang membuat blog menjadi inpirasi baru bagi para guru. Banyak guru yang sudah memanfaatkan media ini sebagai media dan pusat belajar di sekolah. Hal ini cukup efektif karena jumlah pengguna internet di Indonesia cukup signifikan, dan mayoritas digunakan oleh para pelajar. Pengunaan blog sebagai media dan sumber belajar memliki banyak manfaat, antara lain : 

  1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru, jadi kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya. Karena media cetak cukup terbatas untuk memuat tulisan-tulisan kita, blog dapat menjadi penyaluran kreativitas menulis karena bisa langsung dipublikasikan tanpa editing.
  2. Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar. Misalnya, materi pelajaran, tugas siswa, informasi nilai siswa. Sementara siswa dapat dengan mudah mengunduhnya tanpa dibatasi waktu dan ruang.
  3. Blog dapat meningkatkan minat belajar para siswa.Dengan blog, seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Kemudian para siswa bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan.
  4. Blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia Dengan blog, guru bisa berbagi materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang yang membutuhkan pemikirannya di mana pun mereka berada.
  5. Blog dapat menjadi media silaturahim. Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertemu secara tidak langsung dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain karena blog dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia. 

Penggunaan Podcast Untuk Pembelajaran

Semenjak revolusi digital, semua media menjadi multimedia. Dahulu semua media terpisah-pisah: visual dan audio. Media audio dianggap kurang mendukung proses pembelajaran dan membosankan ketika digunakan di ruang kelas. Namun kini media audio kian diminati seiring berjalannya waktu dan teknologi.

Media podcast merupakan media yang mudah dan murah dari segi pembuatannya dibandingkan dengan media digital lain. Podcast merupakan media rekam digital yang di distribusikan melalui internet dan biasanya disampaikan dengan format episodik. Sebagian besar podcast berformat audio, namun ada juga yang berformat file pdf atau video tapi jarang digunakan. Podcast dapat dimainkan di komputer atau gawai mobile yang dapat memutar file audio digital, termasuk smartphone, iPods, dan pemutar MP3. Dengan menggunakan file audio yang dapat dibaca di banyak gawai, kita dapat mendengarkan konten sambil melakukan hal lain seperti mengendarai mobil, jalan-jalan atau berolahraga.

Dalam proses pembelajaran, podcast memberikan kesempatan bagi pengajar untuk menyebarkan konten audio yang interaktif, yang dapat didengarkan oleh pelajar kapanpun dan dimanapun. Seorang pebelajar hanya perlu untuk berlangganan ke podcast feed dan dengan seketika pengajar dapat mengirim konten edukasi pada mereka tanpa harus ditunggu. Podcast dapat dengan mudah digunakan di sekolah, universitas atau institusi pendidikan dan meningkatkan proses pembelajaran.

Penggunaan podcast dalam pembelajaran memiliki banyak manfaat, diantaranya:

  1. Sumber informasi yang kreatif. Podcast yang informatif, disusun dengan baik, langkah cepat dan menghibur, dapat menangkap perhatian dan imajinasi pelajar.
  2. Meningkatkan pemahaman. Peran dari podcast di masa depan yakni meningkatkan keterampilan pemahaman melalui mendengar. Banyak pelajar yang mampu menyerap lebih banyak informasi saat mereka mendengarkan dibandingkan dengan membaca.
  3. Instrumen untuk belajar bahasa asing. Dengan mendengarkan kata-kata yang tidak akrab dapat membantu pelajar belajar pelafalan yang benar dan makna yang kontekstual, terutama apabila mereka dapat membuat catatan.
  4. Meningkatkan hubungan dengan pelajar. Dengan meningkatnya penggunaan teknologi, ada semacam jarak yang memisahkan pelajar dengan pengajar. Pelajar akan merasa pengajarnya tidak memahami dunia mereka. Namun dengan menggunakan podcast di kegiatan pembelajaran, pengajar dapat masuk ke dunia pelajar yang menggemari teknologi.
  5. Menstimulasi kemampuan berpikir kreatif. Salah satunya dengan cara memberikan beberapa podcast tentang berpikir kreatif dan mengimplementasikannya ke dalam sebuah project.

Penggunaan Vodcast Untuk Pembelajaran

Saat ini banyak selebriti yang membuat vodcast untuk ditayangkan di akun sosia medianya.  

Vodcast bisa diartikan sebagai membuat video podcast atau memvideokan podcast.Vodcast hampir sama dengan podcast. Hanya saja vodcast berisi audio dan video, sedangkan podcast hanya berisi audio. Vodcast juga lebih diminati daripada podcast.

Penggunaan vodcast untuk pembelajaran tentu saja banyak kekurangan dan kelebihannya, diantaranya :

  1. Sedikit ribet untuk pembuatannya.
  2. Biaya internet yang lebih besar daripada podcast, dikarenakan ukuran file vodcast lebih besar.
  3. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
  4. Memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru.


Referensi:

  • Binus Universitas 
  • KBBI
  • Oxford Dictionary 
  • Romeltea
  • Wikipedia

Komentar